4 Cara yang Bisa Dipake Untuk Mengelola Gaji Kamu

Om yakin pasti kamu tahu dong apa hal yang paling ditunggu-tunggu diakhir bulan? Buat kamu yang anaknya model pekerja banget pasti tau banget dong. Setelah sebulan penuh kamu bekerja sudah saatnya kamu mendapatkan sesuatu yang ditunggu-tunggu yaitu gaji. Berapapun besarnya gaji sudah pasti kedatangannya paling dinanti-nanti. Tapi terkadang kamu merasa gaji kamu itu cepat banget habis. Padahal kamu gak merasa beli sesuatu barang yang mahal. Dan saat kamu lihat gaji kamu yang baru 3 hari kamu terima. Ternyata banyak banget duit yang sudah kamu keluarkan. Pada akhirnya kamu cuma bisa ngeluh padahal tanggalan masih muda.

Biar nggak boros kamu harus tau bagaimana caranya mengatur uang masuk dan uang keluar. Jangan sampai gaji yang kamu dapatkan setiap bulan tidak bisa mencukupi kebutuhan. Berikut cara yang bisa kamu coba buat mengelola gaji kamu.

1. Buat pos-pos pengeluaran agar gaji kamu terkontrol

Kalau kamu udah gajian, ini waktunya kamu untuk mengatur pengeluaran sesuai kebutuhan dasar. Buatlah pos-pos agar kamu bisa memperhitungkan besaran kebutuhan di bulan ini. Pos-pos ini bisa kamu bagi menjadi beberapa point, misalnya pengeluaran harian termasuk uang makan dan transport, cicilan bulanan, uang pulsa untuk paket internet sebulan, dan pengeluaran untuk hiburan kamu. Selain memudahkan kamu untuk mengontrol arus keuangan bulanan, hal ini juga bisa menghindari kamu dari bencana “bokek di akhir bulan”.

2. Hindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu

Sebisa mungkin hindari pengeluaran di luar pos-pos pengeluaran yang udah kamu buat sebelumnya. Jangan menghambur-hamburkan uang hanya untuk hal yang tidak begitu penting. Sebagai contoh teman sekantor kamu ngajak kamu untuk pijat di tempat pijat langganan kamu. Sebisa mungkin kamu harus menahan hasrat kamu untuk ikutan teman kamu. Karena tempat pijat-pijat modus itu biasanya butuh dana lebih untuk mendapatkan sesuatu yang lebih.

3.  Buat dua rekening bank

Cara ke tiga untuk mengelola gaji, kamu harus punya dua rekening bank. Rekening pertama kamu bisa gunain buat transaksi seperti bayar cicilan motor, belanja kebutuhan sehari-hari, traktir pacar kamu. Dan untuk rekening yang kedua, kamu harus gunain untuk menabung. Nah untuk rekening yang kedua ini sebisa mungkin jangan kamu buatin fasilitas kartu atm. Jadi semakin susah kan untuk mengambil uang tabungan kamu.

4. Komitmen

Setelah kamu sudah terapin 3 cara di atas, maka cara yang terakhir adalah komitmen. Karena 3 cara di atas gak akan berhasil kalau dari dalam diri kamu sendiri aja gak ada komitmen. Bersungguh2lah dalam mengatur keuangan kamu. Jangan sampai pada ujungnya kamu bisa kehabisan uang di tanggal tua dan terpaksa harus pinjem duit ke temen kamu.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%