Cara-Cara Biar Motor dan Mobil Gak Masuk Jalur Busway

Sebenarnya orang Jakarta itu banyak yang kreatif. Kreatif menghadapi kemacetan contohnya. Ada bermacam2 cara biar kamu gak kena macet, salah satunya dengan naik kendaraan umum. Kendaraan umum itu juga macem-macem loh, mulai dari angkot, metro mini, kopaja, taksi, bajaj, atau ojek. Tapi diantara semua kendaraan umum itu ada satu yang spesial yaitu Trans Jakarta. Bus trans Jakarta itu punya jalur sendiri jadi kamu gak akan telat datang ke kantor karena kena macet.

Tapi belakangan banyak banget pengendara motor dan mobil yang tanpa otak lewat jalur busway. Padahal udah ada peraturannya kalo itu khusus untuk jalur bus trans Jakarta. Nah cara pemerintah mengatur pengendara-pengendara nakal ini adalah dengan tilang. Kecuali kalo kamu itu punya temen polisi yang lagi tugas. Kamu gak akan kena tilang dan dibelain walaupun kamu gak pake helm. Nah pemerintah harus punya cara lain nih biar motor atau mobil gak nekat masuk jalur busway. Misalnya

Tembok Separator Busway

Separator busway sekarang ini kan cuma setinggi mata kaki, paling tinggi sedengkul orang dewasa. Kalau separator busway dibuat jadi tembok dan ditinggiin setinggi bus trans Jakarta, motor akan susah buat maen masuk-masuk ke jalur busway.

motor masuk jalur busway

Jalur Busway diubah jadi Jalur Railbus

Cara ini efektif dan sudah diuji coba di Inggris. Jalur bus dibuat sangat pas dengan lebar bus Trans Jakarta. lalu pada bagian tengah jalan dibiarin kosong. Mobil yang nekat lewat jalur ini akan tersangkut di bagian tengah jalan yang berbentuk seperti rel kereta. Lebih lengkap lagi kalau ditengah jalan itu ditanam bahan peledak. Jadi kalau ada mobil yang nyangkut di tengah jalan itu lalu DUAARRR!!!.  Sedangkan motor tetap bisa lewat tapi tidak bisa menyalip bus Transjakarta. Pasti ngebetein banget tuh.

Nih bentuknya railbus
Nih bentuknya railbus

Ranjau Paku Otomatis

Salah satu hal paling ngeselin di jalan adalah kalau ban motor atau mobil udah kena paku, pasti bannya bocor dan pengemudi akan kehilangan kendali dan memudahkan petugas untuk menilang. Jalur busway kayaknya harus banget nih dilengkapin ranjau paku otomatis. Paku akan keluar secara otomatis dalam jumlah banyak apabila sistem sensor mendeteksi kendaraan yang lewat bukan bus Trans Jakarta.

Modifikasi Bus Trans Jakarta

Kalau semua cara diatas udah dicoba tapi masih aja ada yang nekat masuk ke jalur transjakarta berarti sekarang saatnya kita ubah bentuk busnya. Bus Trans Jakarta yang sekarang itu jelas gak aman banget untuk jalan di jalanan Ibukota Jakarta yang keras ini. Bayangin aja kalau bus Trans Jakarta lewat jalan yang lagi ada aksi unjuk rasa yang anarkis. Dilempar batu kacanya langsung pecah, belom lagi bus Trans Jakarta cuma bisa diem kalo ada mobil di depannya. Seandainya bentuk bus Trans Jakarta kayak di bawah ini mungkin gak akan ada lagi yang berani masuk jalur busway.

Dijamin gak ada yang berani masuk jalur busway, kalo busnya begini
Dijamin gak ada yang berani masuk jalur busway, kalo busnya begini

Pasang Foto Dijah Yellow di Jalur Busway

Kamu tau sendiri kan tingkat kecantikan Dijah yellow itu bisa ngerusak sistem keseimbangan otak kecil. Saking bahayanya liat dijah yellow, kamu bisa-bisa gak sadarkan diri. Hal ini bahaya banget, apalagi kamu lagi berkendara. Cara ini adalah cara yang paling ampuh diantara cara-cara diatas biar motor atau mobil gak masuk jalur busway. Tapi kalau cara ini dipake, supir bus Trans Jakarta kayaknya harus di ospek abis-abisan nih biar mereka kuat ngeliat muka dijah yellow di setiap meter jalur busway. Atau calon-calon supir bus Trans Jakartanya harus melewati proses brain wash biar mereka gak tau apa itu gambar kuning-kuning yang ada di jalur busway.

dijah yellow di jalur busway

Kalau menurut kamu lebih efektif yang mana?

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%